Sabtu, 09 Mei 2020

RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII


RPP Teks Berita Semester Ganjil

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Madrasah : MTs Negeri 2 Bulukumba
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Teks Berita
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (2 JP)

  1. Tujuan Pembelajaran
      1. Menjelaskan pengertian teks berita dalam bentuk kegiatan membaca contoh teks berita.
      2. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang dibaca dengan benar.

  1. Kompetensi Dasar
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.
  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
      1. Menjelaskan pengertian teks berita dalam bentuk kegiatan membaca contoh teks berita.
      1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (5W+1H) dalam bentuk pertanyaan.
  1. Materi Pembelajaran
Materi Reguler
  • Pengertian teks berita
  • Jenis-jenis teks berita.
  • Unsur-unsur teks berita (AdiK SiMBa / 5 W+1H)
Materi Pengayaan
  • Jenis-jenis teks berita.
  • Unsur – unsur teks berita.
Materi Remedial
    • Jenis-jenis teks berita.
    • Unsur – unsur teks berita
  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learning
Metode : penugasan

  1. Media/Alat
  1. Surat kabar
  2. Teks berita
  3. Lembar kerja peserta didik (LKPD)

  1. Sumber Belajar
  • Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas VII Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan
  • Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan hal.
  • Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  • Thamrin, M., Endah Tri Priyatni, dan Hadi Wardoyo. 2016. Bahasa dan Sastra Indonesia. SMP/MTs Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Hal. 1-7

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
    1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat. (Penguatan Pendidikan Karakter (PPK): Spiritual & Mandiri)
    2. Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan Al-Qur’an yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. PPK: Spiritual & Literasi
    3. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik (PPK: Disiplin & Peduli).
    4. Guru menampilkan gambar koran dan seorang presenter berita kemudian menanyakan pemahaman peserta didik tentang gambar tersebut. (PPK: Rasa Ingin Tahu) (4C: Critical; Comunication;)
    5. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. (HOTS)
    6. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
10 Menit
Kegiatan Inti:
Discovery Learning
60 Menit
Fase 1:
Stimulus/Pemberian Rangsangan
  1. Peserta didik membaca teks berita yang dibagikan oleh guru. (Literasi)
  2. Peserta didik memaparkan pengertian teks berita berdasarkan teks yang telah dibaca (4C: Critical; Comunication;)
Fase 2:
Identifikasi Masalah

  1. Peserta didik secara berkelompok berdiskusi (tanya jawab) untuk mengidentifikasi unsur-unsur berita yang dibaca. (berpikir kritis, kolaborasi)
Fase 3:
Pengumpulan Data

  1. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menemukan unsur-unsur berita yang dibaca. 4C: Colaboration
Fase 4:
Pengolahan Data
  1. Peserta didik mendiskusikan hasil temuan masing-masing terkait unsur-unsur teks berita (4C:Creativity;Communication;Colaboration)
  2. Peserta didik menulis hasil diskusi kelompok pada LKPD.
Fase 5:
Pembuktian

  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. (Tanggung jawab, 4C: Collaboration & Communication) (Saintifik: Mengkomunikasikan)
  2. kelompok yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil analisis kelompok lain (4C: Communication)
Fase 6:
Penarikan Simpulan

  1. Guru mengevaluasi hasil telaah tentang unsur-unsur teks berita yang telah dilakukan oleh peserta didik.
  2. Guru memberikan penguatan tentang unsur-unsur teks berita yang telah dilakukan peserta didik.
Penutup
  1. Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan (4C: Communication)
  2. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung. (4C: Communication)
  3. Guru myampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
  4. Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat, lalu diakhiri dengan salam oleh guru.
(PPK: Spiritual)
10 Menit

  1. Penilaian
      1. Kompetensi Spiritual dan Sosial
  1. Teknik penilaian : Observasi/ pengamatan
  2. Bentuk                : Catatan hasil observasi
  3. Instrumen    : Jurnal (terlampir)

      1. Kompetensi Pengetahuan:
  1. Teknik penilaian   : Tes tertulis dan lisan
  2. Bentuk Penilaian : Penugasan
  3. Instrumen penilaian : Lembar kerja. (terlampir)
  1. Rencana Remidi dan Pengayaan
  1. Bagi peserta didik yang remidi diberikan perlakuan antara lain:
  1. Memberikan materi penguatan yang belum dapat dituntaskan oleh peserta didik
  2. Tugas membuat rangkuman dengan materi pokok dari indikator yang tidak mampu dicapai
  3. Tugas mandiri untuk mempelajari materi dari indikator yang belum dapat dicapai
  4. Tugas belajar bersama teman sebaya mengenai indikator yang belum dicapai


  1. Bagi peserta didik yang melaksanakan pengayaan
  1. Merangkum materi dari indikator yang telah dicapai dalam bentuk laporan tertulis
  2. Menjadi tutor sebaya kepada teman yang belum tuntas IPK-nya


Tanete, 15 Juli 2019
Mengetahui :
Kepala MTsN 2 Bulukumba Guru Mata Pelajaran






Dra. Hj. Najemiah Nganro, M. Si Rosmiati, S. Pd.
NIP. 1962 1231 1997 04 2001 NIP.19930408 201903 2 021











Lampiran II Lembar Kerja Peserta Didik
Lembar Kerja Peserta Didik



Nama Anggota Kelompok : …………………………………………………
……………………………………………….
Kelas : …………………………………………………

  1. Baca dan pahamilah teks berita di bawah ini!
  2. Setelah kamu selesai membaca teks berita tersebut, analisislah unsur-unsur 5W+1H yang terdapat di dalam teks berita!
  3. Diskusikan hasil kerjamu dengan teman kelompokmu!
  4. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Peserta didik SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade Matematika di Thailand
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus 2016, di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia juga berhasil memperoleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun team contest.
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan, TIMC ini diikuti 296 peserta tingkat SMP yang terdiri dari 74 tim. Peserta didik-siswi yang mengikuti kompetisi merupakan putra-putri terbaik di bidang matematika yang berasal dari 29 negara.
"Seperti Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Cina, Cyprus, Filipina, Ghana, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Macau, China, Malaysia, Mexico, Mongolia, Nepal, Romania, South Africa, South Korea, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam," kata Hamid dalam keterangan resminya, Ahad (21/8).
TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta seperti Individual Contest dan Team Contest. Pada Individual Test, peserta harus mengerjakan 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. Sementara pada Team Contest, masing-masing tim yang terdiri dari empat peserta didik diminta mengerjakan 10 soal.
Thailand International Mathematics Competition (TIMC) merupakan kompetisi matematika untuk peserta didik-siswi usia SMP paling bergengsi di tingkat internasional dengan tingkat kesulitan soalnya sangat tinggi. Selain itu, jumlah negara yang mengikuti olimpiade ini juga semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah internasional.
Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), Kemendikbud, Supriano telah mengirim dua tim pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri dua team leader, dua deputy leader, dan delapan peserta didik. Kedelapan peserta didik yang mengharumkan nama Indonesia ini diseleksi dari 15 peserta didik peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.
Pemenang medali emas, perak, dan perunggu pada ajang internasional ini adalah Stanve Avrilium Widjaja (SMPK IPEKA Plus BSD) dan Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur). Selanjutnya, Alvin Putera Budiman (SMP Lab School Kebayoran) dan Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya). Kemudian Nicholas Rusell Saerangm (SMPK Ipeka Sunter 2), Farrel Dwireswara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).

        1. Identifikasilah unsur-unsur 5W+1H yang terdapat dalam teks berita dengan menunjukkan bukti tekstualnya!
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………

        1. Jelaskan karakteristik umum suatu teks bisa dikatakan sebagai suatu berita !
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
Lampiran III Instrumen penilaian
  1. Instrument penilaian spiritual dan sikap sosial
Komponen sikap spiritual dan sikap sosial
No
Tanggal
Nama peserta didik
Catatan prilaku
Butir sikap
keterangan
1










2










3











  1. Instrumen penilaian pengetahuan
Kisi-kisi soal
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal uraian
Nomor
Soal
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca
Teks berita
1) Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita yang dibaca atau didengar.

2) Karakteristik teks berita.
  1. Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita dengan 5W + 1H


  1. Menjelaskan karaktertistik teks berita
1






2

Instrument soal

Bacalah teks berita berikut ini!
Peserta didik SMP Indonesia Sabet Emas Olimpiade Matematika di Thailand
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Indonesia sukses menyabet satu medali emas dalam ajang Thailand International Mathematics Competition (TIMC) 2016 pada 14-20 Agustus 2016, di Chiang Mai, Thailand. Peserta dari Indonesia juga berhasil memperoleh tiga perak dan empat perunggu, baik individual maupun team contest.
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad mengatakan, TIMC ini diikuti 296 peserta tingkat SMP yang terdiri dari 74 tim. Peserta didik-siswi yang mengikuti kompetisi merupakan putra-putri terbaik di bidang matematika yang berasal dari 29 negara.
"Seperti Australia, Bulgaria, Belanda, Kanada, Cina, Cyprus, Filipina, Ghana, Hong Kong, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Macau, China, Malaysia, Mexico, Mongolia, Nepal, Romania, South Africa, South Korea, Sri Lanka, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Uzbekistan, dan Vietnam," kata Hamid dalam keterangan resminya, Ahad (21/8).
TIMC mengujikan dua tes bagi masing-masing peserta seperti Individual Contest dan Team Contest. Pada Individual Test, peserta harus mengerjakan 12 soal isian singkat dan tiga soal uraian dalam waktu 120 menit. Sementara pada Team Contest, masing-masing tim yang terdiri dari empat peserta didik diminta mengerjakan 10 soal.
Thailand International Mathematics Competition (TIMC) merupakan kompetisi matematika untuk peserta didik-siswi usia SMP paling bergengsi di tingkat internasional dengan tingkat kesulitan soalnya sangat tinggi. Selain itu, jumlah negara yang mengikuti olimpiade ini juga semakin meningkatkan reputasi baik olimpiade ini di kancah internasional.
Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), Kemendikbud, Supriano telah mengirim dua tim pada TIMC 2016 untuk mewakili Indonesia. Dua tim ini terdiri dua team leader, dua deputy leader, dan delapan peserta didik. Kedelapan peserta didik yang mengharumkan nama Indonesia ini diseleksi dari 15 peserta didik peraih medali emas dan medali perak yang sebelumnya mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 di Palembang, Sumatera Selatan.
Pemenang medali emas, perak, dan perunggu pada ajang internasional ini adalah Stanve Avrilium Widjaja (SMPK IPEKA Plus BSD) dan Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur). Selanjutnya, Alvin Putera Budiman (SMP Lab School Kebayoran) dan Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya). Kemudian Nicholas Rusell Saerangm (SMPK Ipeka Sunter 2), Farrel Dwireswara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks berita yang telah kalian baca!
  1. Identifikasilah unsur-unsur berita yang terdapat dalam teks berita!
  2. Jelaskan karakteristik umum suatu teks bisa dikatakan sebagai suatu berita !

Kunci Jawaban
              1. Unsur-unsur teks berita
                Unsur-Unsur Berita
                Bukti Tekstualnya
                Peristiwa apa yang diinformasikan dalam teks diatas?
                Peserta didik SMP yang mewakili Indonesia berhasil memenangi medali emas, perak, dan perunggu dalam olimpiade Matematika di Thailand.
                Siapa yang mengalami peritiwa itersebut?
                Pemenang medali emas, perak, dan perunggu pada ajang internasional ini adalah delapan peserta didik SMP dari Indonesia, yaitu Stanve Avrilium Widjaja (SMPK IPEKA Plus BSD) dan Hendrikus Hansen Witarsa (SMPK 4 Penabur). Selanjutnya, Alvin Putera Budiman (SMP Lab School Kebayoran) dan Aaron Alvarado Kristanto (SMPK Petra 3 Surabaya). Kemudian Nicholas Rusell Saerangm (SMPK Ipeka Sunter 2), Farrel Dwireswara Salim (SMP Kharisma Bangsa), Markus Leonard Wijaya (SMP Theresiana 01), dan Muflih Naufal Maxi (SMP Al Azhar).
                Dimana peristiwa tersebut terjadi?
                Peristiwa tersebut terjadi dalam ajang Thailand International Mathematics Competition di Chiang Mai, Thailand.
                Kapan peristiwa tersebut terjadi?
                Peristiwa tersebut terjadi saat pelaksanaan olimpiade matematika di Thailand tanggal 14-20 Agustus.
                Mengapa peristiwa tersebut terjadi?
                Karena tim Indonesia yang terdiri atas peserta didik SMP berhasil memenangi olimpiade tersebut setelah menyelesaikan soal-soal matematika dengan tingkat kesulitan tinggi.
                Bagaimana peristiwa tersebut terjadi?
                Indonesia mengirimkan dua tim untuk mengikuti TIMC yang terdiri atas peserta didik-peserta didik peraih medali emas dan perak dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).
              2. Lima karakteristik teks berita:
  • Menyampaikan informasi aktual (terbaru)
  • Menyampaikan informasi faktual (benar-benar terjadi;ada)
  • Menyampaikan informasi yang menarik
  • Menyampaikan informasi dengan menggunakan ragam bahasa baku
  • Mencantumkan unsur-unsur teks berita
Pedoman penskoran
No
Kriteria Penilaian
Skor
Menuliskan unsur-unsur teks berita
  1. Menuliskan 6 unsur-unsur teks berita
  2. Menuliskan 5 unsur-unsur teks berita
  3. Menuliskan 4 unsur-unsur teks berita
  4. Menuliskan 3 unsur-unsur teks berita
  5. Menuliskan 2 unsur-unsur teks berita
  6. Menuliskan 1 unsur-unsur teks berita

6
5
4
3
2
1
Menuliskan karakteristik teks berita
  1. Menuliskan 5 unsur-unsur teks berita
  2. Menuliskan 4 unsur-unsur teks berita
  3. Menuliskan 3 unsur-unsur teks berita
  4. Menuliskan 2 unsur-unsur teks berita
  5. Menuliskan 1 unsur-unsur teks berita

5
4
3
2
1

Jumlah Skor
11

Nilai = X 100

0 komentar:

Posting Komentar