RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Madrasah : MTs Negeri 2 Bulukumba
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VIII/Satu
Materi
Pokok : Teks Eksposisi
Alokasi
Waktu : 1x Pertemuan (2 JP)
- Tujuan Pembelajaran
Melalui
membaca teks
ekposisi peserta
didik mampu mengidentifikasi struktur teks
eksposisi
secara tepat;
- Kompetensi Dasar
- Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah popular dari Koran/ majalah( yang diperdengarkan atau dibaca.
- Indikator Pencapaian Kompetensi
- Mengidentifikasi struktur teks berita yang dibaca.
- Mengidentifikasi kaidah-kaidah kebahasaaan teks berita yang dibaca.
- Materi Pembelajaran
- Struktur teks berita
- Unsur kebahasaan teks berita
- Metode Pembelajaran
Pendekatan :
Saintifik
Model :
Discovery
Learning
Metode :
Tanya
jawab,
diskusi kelompok, penugasan
- Media/Alat
- Teks eksposisi
- Kartu kata
- Sumber Belajar
- Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas VII Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan.
- Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan.
- Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
- Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
10
Menit
|
Kegiatan
Inti:
|
Discovery
Learning
|
60
Menit
|
Fase
1:
Stimulus/Pemberian
Rangsangan
|
|
|
Fase
2:
Identifikasi
Masalah
|
|
|
Fase
3:
Pengumpulan
Data
|
|
|
Fase
4:
Pengolahan
Data
|
|
|
Fase
5:
Pembuktian
|
|
|
Fase
6:
Penarikan
Simpulan
|
|
|
Penutup
|
(PPK:
Spiritual)
|
10
Menit
|
- Penilaian
- Sikap
- Teknik penilaian : observasi dan penilaian diri
- Bentuk instrumen : lembar observasi sikap dan lembar penilaian diri
- Pengetahuan
- Teknik penilaian : tes tulis dan penugasan
- Bentuk instrumen : uraian dan lembar penugasan
- Rencana Remidi dan Pengayaan
- Bagi siswa yang remidi diberikan perlakuan antara lain:
- Memberikan materi penguatan yang belum dapat dituntaskan oleh peserta didik
- Tugas membuat rangkuman dengan materi pokok dari indikator yang tidak mampu dicapai
- Tugas mandiri untuk mempelajari materi dari indikator yang belum dapat dicapai
- Tugas belajar bersama teman sebaya mengenai indikator yang belum dicapai
- Bagi siswa yang melaksanakan pengayaan
- Merangkum materi dari indikator yang telah dicapai dalam bentuk laporan tertulis
- Menjadi tutor sebaya kepada teman yang belum tuntas IPK-nya
Tanete,
15 Juli 2019
Mengetahui
:
Kepala
MTsN 2 Bulukumba Guru Mata Pelajaran
Dra.
Hj. Najemiah Nganro, M. Si Rosmiati,
S. Pd.
NIP. 1962
1231 1997 04 2001 NIP.19930408 201903 2 021






0 komentar:
Posting Komentar