Sabtu, 09 Mei 2020

RPP Teks Eksposisi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Madrasah : MTs Negeri 2 Bulukumba
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VIII/Satu
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Alokasi Waktu : 1x Pertemuan (2 JP)

  1. Tujuan Pembelajaran
Melalui membaca teks ekposisi peserta didik mampu mengidentifikasi struktur teks eksposisi secara tepat;

  1. Kompetensi Dasar
  1. Menelaah isi dan struktur teks eksposisi (berupa artikel ilmiah popular dari Koran/ majalah( yang diperdengarkan atau dibaca.

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi
      1. Mengidentifikasi struktur teks berita yang dibaca.
      1. Mengidentifikasi kaidah-kaidah kebahasaaan teks berita yang dibaca.

  1. Materi Pembelajaran
  • Struktur teks berita
  • Unsur kebahasaan teks berita

  1. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Discovery Learning
Metode : Tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan

  1. Media/Alat
  1. Teks eksposisi
  2. Kartu kata
  1. Sumber Belajar
  • Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas VII Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan.
  • Kementerian Guruan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. SMP/MTs Kelas Jakarta: Kementerian Guruan dan Kebudayaan.
  • Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

  1. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
    1. Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat. (Penguatan Pendidikan Karakter (PPK): Spiritual & Mandiri)
    2. Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan Al-Qur’an yang dipimpin oleh salah seorang peserta didik. (PPK: Spiritual) & Literasi
    3. Guru memperhatikan kesiapan diri peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran, kerapian pakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik (PPK: Disiplin).
    4. Guru mengecek penguasaan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya. (ingin tahu)
    5. Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, yaitu Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan Memotivasi) yang didengar dan dibaca.(HOTS)
    6. Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu membaca teks berita kemudian mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks berita dengan cara diskusi kelompok (Literasi dan HOTS)
10 Menit
Kegiatan Inti:
Discovery Learning
60 Menit
Fase 1:
Stimulus/Pemberian Rangsangan
  1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang (PPK: Disiplin; dan 4C: Colaboration); Critical; Creative; Communicative (4C)
  2. Peserta didik menyimak video berita berjudul “RSUP Manado dipenuhi pasien DBD”Literasi
  3. Peserta didik dan guru tanya jawab isi video berita berjudul “RSUP Manado dipenuhi pasien DBD”4C: Critical; Communicative
  4. Peserta didik dan guru menyimpulkan isi video berita berjudul “RSUP Manado dipenuhi pasien DBD”4C:; Communicative
  5. Guru memberikan kartu undian yang berisi judul teks berita yang akan dianalisis struktur dan kaidah kebahasaan. (Tanggung jawab)
Fase 2:
Identifikasi Masalah

  1. Setiap kelompok membaca teks berita masing-masing. (tanggung jawab)
  2. Peserta didik menandai struktur dari teks berita.4C: Critical; Colaboration);
  3. Peserta didik menandai kata maupun kalimat yang merupakan ciri kebahasaan teks berita4C: Critical;4C: Colaboration);
Fase 3:
Pengumpulan Data

  1. Peserta didik mendaftar struktur dari tek berita yang dibaca menggunakan kartu kata (Saintifik: Mengumpulkan Informasi)4C: Colaboration);
  2. Peserta didik mendaftar beberapa kata yang termasuk dalam kaidah kebahasaan menggunakan kartu kata(Saintifik: Mengumpulkan Informasi)4C: Colaboration);
Fase 4:
Pengolahan Data
  1. Peserta didik mendiskusikan hasil temuan masing-masing terkait struktur dan kebahasaan drama dalam kelompok.(4C: Creativity; Communication;Colaboration)
  2. Peserta didik menulis hasil diskusi kelompok pada LKPD.
Fase 5:
Pembuktian

  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. (Tanggung jawab, 4C: Collaboration & Communication) (Saintifik: Mengkomunikasikan)
  2. kelompok yang lain dan guru memberikan tanggapan hasil analisis kelompok lain (4C: Communication)
Fase 6:
Penarikan Simpulan

  1. Guru mengevaluasi hasil telaah struktur dan kaidah kebahasaan teks berita yang telah dilakukan oleh peserta didik.
  2. Guru memberikan penguatan tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks berita yang telah dilakukan peserta didik.
Penutup
  1. Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan (4C: Communication)
  2. Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terkait dengan pembelajaran yang baru berlangsung. (4C: Communication)
  3. Guru myampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
  4. Guru menutup pembelajaran dengan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat, lalu diakhiri dengan salam oleh guru.
(PPK: Spiritual)
10 Menit

  1. Penilaian
  1. Sikap
  1. Teknik penilaian : observasi dan penilaian diri
  2. Bentuk instrumen : lembar observasi sikap dan lembar penilaian diri
  1. Pengetahuan
  1. Teknik penilaian : tes tulis dan penugasan
  2. Bentuk instrumen : uraian dan lembar penugasan

  1. Rencana Remidi dan Pengayaan
  1. Bagi siswa yang remidi diberikan perlakuan antara lain:
  1. Memberikan materi penguatan yang belum dapat dituntaskan oleh peserta didik
  2. Tugas membuat rangkuman dengan materi pokok dari indikator yang tidak mampu dicapai
  3. Tugas mandiri untuk mempelajari materi dari indikator yang belum dapat dicapai
  4. Tugas belajar bersama teman sebaya mengenai indikator yang belum dicapai


  1. Bagi siswa yang melaksanakan pengayaan
  1. Merangkum materi dari indikator yang telah dicapai dalam bentuk laporan tertulis
  2. Menjadi tutor sebaya kepada teman yang belum tuntas IPK-nya

                                                                                                       Tanete, 15 Juli 2019
Mengetahui :
Kepala MTsN 2 Bulukumba                                                           Guru Mata Pelajaran


Dra. Hj. Najemiah Nganro, M. Si                                                Rosmiati, S. Pd.
NIP. 1962 1231 1997 04 2001                                                        NIP.19930408 201903 2 021


0 komentar:

Posting Komentar